Langkah-Langkah East Ventures


Langkah-Langkah East Ventures

Sebagai investor yang cukup dikenal di Asia Tenggara, East Ventures memiliki cara sendiri dalam membantu perusahaan-perusahaan untuk bangkit dan mencapai targetnya. Karena jam terbang yang cukup tinggi dan berbagai pengalaman sudah dialami, maka mereka memiliki gaya tersendiri dalam menghadapi berbagai masalah untuk menjalankan perusahaan.

Mencari Founder

Dalam mencari perusahaan yang akan dibiayai, East Ventures memiliih perusahaan dengan founder yang cerdas dan juga memiliki karakter yang berlawanan. Karakter paradoks seperti arogan tapi humble, punya leadership namun mendengar, generalis namun detail, punya global knowledge, tapi juga paham local execution. Menurut mereka, founder dengan karakter seperti inilah yang akan membuat perusahaan cepat berkembang. 

Founder yang cerdas dapat dikatakan sudah pasti memiliki solusi dan inovasi yang cerdas pula sehingga akan sangat membantu di dalam proses berkembangnya perusahaan tersebut. Selain itu, sifat jujur dan dinamis juga perlu dimiliki oleh para founder untuk mendukung berjalannya perusahaan yang transparan dan inovatif.

Mentorship

East Ventures memiliki pertemuan dengan para CEO setiap dua pekan sekali. Di dalam pertemuan tersebut, mereka dibekali ilmu-ilmu yang paling mutakhir di dalam dunia teknologi. Seiring berkembangnya zaman, para founder harus selalu up to date terhadap perkembangan yang terjadi agar tidak tertinggal. Dalam mentorship ini, para leader difokuskan untuk menghindari kesalahan-kesalahan yang pernah terjadi di perusahaan lain agar lebih cepat berkembang. 

Dalam rangka pengembangan ide-ide, investor hanya memberikan sedikit masukan sehingga para founder dapat menggali imajinasi dan kreativitasnya masing-masing. Dengan begitu, para founder akan menemukan jalan-jalan yang tak terduga dan berhasil tanpa kekangan dari investor.

Investasi Pada Manusia

Jenis investasi yang dilakukan oleh East Ventures adalah early seed, yaitu fokus pada hulu. Mulai dari ide hingga menyesuaikan dan memasukkan produk ke pasar adalah tugas mereka. Untuk itu, mereka menanamkan investasi bukan hanya pada pengembangan produk, namun juga karakter manusianya. Founder yang memiliki perusahaan yang ditempa untuk menjadikan perusahaannya dikenal dan dibutuhkan oleh masyarakat. Founder dengan ide-ide yang sederhana namun solutif, jujur, dan dinamis adalah cikal-bakal dari suksesnya sebuah perusahaan. 

Sang investor hanya perlu memoles dan mendukung dari belakang perusahaan dengan founder berkarakter seperti itu. Selain itu, investor juga memiliki latar belakang IT. Jadi, investor juga akan mencari jejak calon perusahaan yang akan dibiayai. Dengan tracking tersebut, investor dapat menentukan mana perusahaan yang cocok dibiayai atau tidak. Investor juga dapat mengetahui apakah founder yang telah ditemuinya berbohong atau tidak melalui tracking tersebut. Dengan begitu, akan berkurang risiko mengulangi kegagalan karena ketidak telitian di awal.

Kehadiran investor yang disegani di Asia Tenggara ini mempengaruhi banyak startup di Indonesia dan tidak sedikit yang sudah sukses. Bahkan, beberapa di antaranya sudah meraih gelar startup unicorn.

0 Response to "Langkah-Langkah East Ventures"

Posting Komentar